• Ikuti kami : Facebook Jurnal3 Twitter Jurnal3 Google+ Jurnal3 Feedburner Jurnal3
KPK klaim hanya menunggu hasil audit BPK soal Hambalang

Andi Mallarangeng dan Anas tinggal menghitung hari

Senin, 19 Agustus 2013 / 08:59 WIB | Bagikan artikel ke Facebook anda
Dibaca 445 kali
KPK memastikan penahanan  atas Anas Urbaningrum dan Andi Alfian Mallarangeng tinggal menghitung hari./*ist

KPK memastikan penahanan atas Anas Urbaningrum dan Andi Alfian Mallarangeng tinggal menghitung hari./*ist

JURNAL3 | Jakarta – Tidak segera ditahannya dua tersangka kasus dugaan gratifikasi proyek Hambalang, Anas Urbaningrum dan Andi Alfian Mallarangeng, direspons Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan kepastian akan ada penahanan.

“Tersangka AAM dan AU pasti akan ditahan. Tinggal menghitung hari saja. Ini tertunda karena KPK banyak menangani perkara lain,” tegas Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto, kepada Jurnal3, Senin (19/08/2013) di Gedung KPK.

Bambang menepis rumor yang menyebut ada tarik ulur kepentingan tertentu terkait rencana penahanan kedua orang yang merupakan mantan elite Partai Demokrat itu.

“KPK tidak pernah ada rencana menunda-nunda penahanan. Kendala di KPK soal itu hanya karena SDM kita terbatas dan perkara yang ditangani banyak. Satu belum selesai, ada kasus baru muncul,” kilah Bambang.

Namun, Bambang juga mengakui kalau pihaknya memang sedang menantikan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait soal kepastian kerugian negara dalam proyek senilai Rp 2,5 triliun tersebut.

ā€¯Tersangka AAM dan AU itu masih dalam proses tahap pertama. Kalau sudah naik ke tahap kedua, pasti ada penahanan. Itu tinggal menghitung hari saja,” pungkas Bambang.

Oleh KPK, Anas disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah oleh Undang-Undang (UU) no 20 tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.@arun