• Ikuti kami : Facebook Jurnal3 Twitter Jurnal3 Google+ Jurnal3 Feedburner Jurnal3
Hasil penelitian Indonesia Public Institute

Diprediksi, suara NU akan lari ke KarSa dan Khofifah

Senin, 12 Agustus 2013 / 19:47 WIB | Bagikan artikel ke Facebook anda
Dibaca 832 kali
Pasangan KarSa dan BerKah, diprediksi akan berebut suara warga NU dalam Pilgub Jatim 2013. /*ist

Pasangan KarSa dan BerKah, diprediksi akan berebut suara warga NU dalam Pilgub Jatim 2013. /*ist

JURNAL3 | Jakarta – Indonesian Public Institute (IPI), dalam survei terbaru Pilgub Jatim 2013 menyebut, suara warga Nahdlatul Ulama (NU) akan terbelah, khususnya ke pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) dan pasangan Khofifah-Herman.

Dari sisi karakteristik pemilih, Jawa Timur memang didominasi suara kaum santri dan merupakan yang terbesar di Indonesia.

Dari hasil penelitian, diketahui akan ada kecenderungan pemilih NU untuk melarikan suaranya ke dua calon pasangan, yakni KarSa dan Khofifah.

Peneliti senior IPI, Karyono Wibowo, kepada Jurnal3, Senin (12/08/2013) mengatakan, kalau suara warga Nahdliyin merupakan idola yang diperebitkan oleh semua kandidat.

“Dari peta pemilih sangat jelas suara NU akan menjadi mayoritas di Pilgub Jatim nanti. Namun sepertinya akan terbelah dan lari pasangan KarSa dan Khofifah. Untuk pasangan lain, masih mungkin mencuri meski sedikit,” ujar Karyono.

Menurut Karyono, ini merupakan kesempatan bagi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengoptimalkan suara NU, yang merupakan grass root mereka. Namun semua itu tergantung dari keberhasilan PKB, utamanya pasangan Khofifah-Herman untuk meyakinkan massa mereka sendiri.

“Ini bukan Pemilu, ini adalah pilihan untuk memilih sosok atau figur. Komunikasi yang baik KarSa dengan sejumlah Kyai NU dan dukungan sejumlah Kyai lain untuk Khofifah akan menjadikan suara NU nanti terpecah. Tinggal bagaimana memikat hati mereka,” pungkas Karyono.@salsa