• Ikuti kami : Facebook Jurnal3 Twitter Jurnal3 Google+ Jurnal3 Feedburner Jurnal3
Yakin gugatan pasangan Berkah bakal kandas di MK

Dituding manipulasi APBD Jatim, ini jawaban Pakde

Selasa, 24 September 2013 / 10:30 WIB | Bagikan artikel ke Facebook anda
Dibaca 816 kali
Soekarwo yakin gugatan pasangan Berkah akan dimentahkan oleh majelis hakim Mahkamah Konstitusi./*ist

Soekarwo yakin gugatan pasangan Berkah akan dimentahkan oleh majelis hakim Mahkamah Konstitusi./*ist

karwo-vs-khofifah-logoJURNAL3 | Jakarta – Sidang perdana di Mahkamah Konstitusi (MK) soal gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilgub Jatim 2013, yang digelar Selasa (24/09/2013) hari ini, salah satu gugatannya adalah dugaan penggunaaan dana hibah dan APBD untuk kepentingan politik.

Sosok Soekarwo, sebagai gubernur Jatim, adalah orang yang dituding sebagai pelaku utama dugaan penggunaan dana-dana pemerintah tersebut. Maklum, posisi sebagai incumbent memang memungkinkan dugaan itu bisa dilakukan.

Menanggapi tudingan yang akan dibeberkan di sidang MK hari ini, Pakde Karwo yakin gugatan pada pasangan KarSa bakal tidak diloloskan oleh majelis hakim MK.

Menurut mantan Sekdaprov Jatim itu, tuduhan soal penggunaan dana hibah dan APBD oleh pasangan Khofifah-Herman itu bersifat spekulatif.

Menurut Pakde, penggunaan dana APBD Jatim adalah merujuk pada Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) melalui Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plaform Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

“Ini disahkan melalui Perda dimana harus melalui persetujuan Kemendagri dulu,” jelas Pakde.

Menjawab soal danah hibah, Pakde mengatakan kalau Bantuan Sosial (Bansos) 2012 dengan nilai besar karena ada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari APBN. Itu semua dititipkan ke Pemprov Jatim senilai Rp 2,8 triliun.

Soal kenaikan lebih besar lagi di tahun 2013 menjadi Rp 4,9 triliun, menurut Pakde karena ada dana tambahan untuk Pilgub Jatim sebesar Rp 800 miliar.

“Juga ada bantuan untuk keamanan Pilgub bagi TBNI/Polri, hibah ke KONI dan bansos lewat Jaring Masyarakat anggota DPRD Jatim,” terang Pakde.

Untuk diketahui, dalam sidang gugatan (PHPU) Pilgub Jatim 2013 hari ini, materi yang diajukan oleh pasangan Berkah meliputi proses demokrasi, fungsi KPU Jatim selaku penyelenggara Pilgub Jatim dan dugaan manipulasi penggunaan APBD Jatim dan dana hibah.@arun