• Ikuti kami : Facebook Jurnal3 Twitter Jurnal3 Google+ Jurnal3 Feedburner Jurnal3
Pasca PKB klaim Khofifah pemenang Pilgub Jatim 2013

KPU Jatim: Awas, quick count & real count beda!

Jumat, 30 Agustus 2013 / 19:01 WIB | Bagikan artikel ke Facebook anda
Dibaca 1816 kali
Versi quick count sejumlah lembaga survei, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf dipastikan menang. Namun versi real count PKB pasangan Khofifah-Herman yan memenangi Pilgub Jatim 2013. Mana yanh benar?/*ist

Versi quick count sejumlah lembaga survei, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf dipastikan menang. Namun versi real count PKB pasangan Khofifah-Herman yan memenangi Pilgub Jatim 2013. Mana yang benar?/*ist

JURNAL3 | Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, menolak hasil quick count (hitung cepat) dalam Pilgub Jatim 2013 yang dimenangkan oleh pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).

“KPU Jatim tidak akan berpatokan pada hasil hitungan lembaga manapun. Rujukan atas penetapan kami adalah hasil perhitungan manual. Karena quick count itu hasil spekulatif,” tegas komisioner KPU Jati, Najib Hamid, Jumat (30/08/2013).

Pernyataan KPU ini muncul karena pihak Khofifah-Herman (Berkah) mengklaim hasil quick count sejumlah lembaga survei berbeda jauh dengan hasil real count yang dilakukan oleh tim monitoring PKB di sejumlah TPS di wilayah Jawa Timur.

Berdasarkan quick count, pasangan KarSa menang telak dengan perolehan 48% dan Berkah memperoleh 38%. Namun, versi real count PKB, posisi itu jadi terbalik, dimana pasangan Berkah meraup suara 44% dan pasangan KarSa mendapatkan 38,47%.

Menyikapi hal itu, Najib meminta sejumlah lembaga survei lebih cermat dan hati-hati dalam membuat perhitungan.

“Jangan sampai hasil quick count beda dengan real count. KPU tidak bisa batasi peran sejumlah lembaga survei melakukan hitung cepat. Tapi sifatnya kan tetap spekulatif,” lanjut Najib.

Karena itu KPU meminta semua pihak menunggu hasil hitung manual KPU Jatim yang akan dilakukan pada tanggal 6 hingga 8 September 2013 mendatang.

“Kalau semua sudah selesai dan tidak ditemukan masalah serius, akhir minggu pertama bulan September, pemenang Pilgub Jatim 2013 bisa diumumkan,” pungkas Najib.@andre