• Ikuti kami : Facebook Jurnal3 Twitter Jurnal3 Google+ Jurnal3 Feedburner Jurnal3
SBY, sosok yang mewakili trah dari Majapahit

Presiden 2014 nanti jatah keturunan Mataram

Minggu, 24 November 2013 / 14:18 WIB | Bagikan artikel ke Facebook anda
Dibaca 4157 kali
Budayawan Jawa menyebut, kebiasaan dalam tradisi Jawa kuno, usai Majapahit memimpin, maka giliran trah Mataram akan naik tahta. /*ilustrasi

Budayawan Jawa menyebut, kebiasaan dalam tradisi Jawa kuno, usai Majapahit memimpin, maka giliran trah Mataram akan naik tahta. /*ilustrasi

JURNAL3.COM | JAKARTA – Persoalan suksesi kepemimpinan di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari ramalan budaya Jawa. Bahkan, hingga kini banyak yang percaya ramalan Joyoboyo sebagai isyarat siapa pemimpin Indonesia masa depan.

Namun, ada ramalan lain yang menyebut bahwa sosok Presiden hasil Pilpres 2014 mendatang adalah sosok keturunan dari trah Mataram.

Hal ini untuk melengkapi siklus pergantian kekuasaan di Tanah Jawa, yang selalu terjadi secara periodik sesuai dengan budaya yang diamini Raja-raja Jawa kuno.

“Saat ini pemimpin Indonesia Pak SBY mewakili sosok keturunan trah Majapahit.Biasanya, sesuai dengan tradisi, penggantinya berasal dari keturunan Mataram. Selanjutnya nanti akan diganti lagi dari keturunan Demak,” ujar Rohmad Hadjiwijoyo, budayawan Jawa, Minggu (24/11/2013).

Intinya, kata Rohmat, siapa sosok yang bisa manunggaling gusti, akan dipilih oleh rakyat dan menjadi pemenang pada Pilpres 2014 mendatang.

“Jika ramalan Jawa itu benar, maka siklus kepemimpinan nasional sudah bisa ditebak,” pungkasnya.@salsa