• Ikuti kami : Facebook Jurnal3 Twitter Jurnal3 Google+ Jurnal3 Feedburner Jurnal3
Saling adu pengaruh demi Khofifah dan Soekarwo

Seru! Pertarungan kyai Tapal Kuda vs kyai sepuh Jatim

Kamis, 15 Agustus 2013 / 13:03 WIB | Bagikan artikel ke Facebook anda
Dibaca 1654 kali
Sejumlah kyai di Jawa Timur diadu kharisma dan ketokohannya dalam dukungan di Pilgub Jatim 2013./*ilustrasi

Sejumlah kyai di Jawa Timur diadu kharisma dan ketokohannya dalam dukungan di Pilgub Jatim 2013./*ilustrasi

JURNAL3 | Surabaya – Aksi main klaim, makin tak terkendali pada masa kampanye pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jatim 2013.

Kali ini, pasangan Khofifah-Herman dan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) saling klaim didukung kyai-kyai berpengaruh.

Kharisma dan ketokohan kyai memang memiliki daya magis bagi warga Nahdliyin di Jawa Timur. Karenya, baik Soekarwo dan Khofifah, merasa memperoleh restu dari sejumlah kyai dalam perhelatan Pilgub Jatim 2013 ini.

Bahkan, begitu yakinnya, hingga tim sukses Khofifah berani mengklaim, cagub perempuan yang kini menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU itu sudah didukung oleh para Kyai di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur. Masyarakat di kawasan ini dikenal sangat fanatik dan loyal kepada titah seorang kyai.

“Pasangan Khofifah-Herman sudah pasti memperoleh dukungan penuh dari para Kyai dan tokoh NU se-Tapal Kuda. Dan ini makin memperbesar harapan kami agar Khofifah-Herman bisa memenangi Pilgub Jatim 2013 nanti,” ujar Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Kamis (15/08/2013).

Di pihak lain, pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf juga tak mau kalah mendekati tokoh NU dan para kyai. Bahkan, tim sukses KarSa mengklaim sudah memperoleh restu dan dukungan politik dari 25 kyai sepuh di Jatim.

Menurut keterangan dari timses KarSa, pada 12 Agustus 2013 lalu, sudah ada kesepakatan dalam pertemuan di Ponpes Al Falah, Mojo, Kediri, yang secara bulat mendukung pencalonan kembali pasangan KarSa.

“Selama lima tahun memimpin, KarSa berhasil membangun Jawa Timur ke arah yang lebih baik. Karena itu layak didukung,” bunyi rilis tim sukses KarSa kepada Jurnal3.

Saling klaim sudah didukung para kyai ini tentu saja hanya bisa dibuktikan pada 29 Agustus 2013 nanti. Klaim siapa yang benar dan siapa yang berbohong.@andre