• Ikuti kami : Facebook Jurnal3 Twitter Jurnal3 Google+ Jurnal3 Feedburner Jurnal3
Klaim sewaktu-waktu bisa diperintah Presiden Obama

Washington tunda serangan, kapal perang tetap siaga

Kamis, 12 September 2013 / 21:58 WIB | Bagikan artikel ke Facebook anda
Dibaca 667 kali
Jet-jet tempur andalan Amerika Serikat di atas landasan pacu di kapal induk USS Nimitz di perairan Mediterania./*afp

Jet-jet tempur andalan Amerika Serikat di atas landasan pacu di kapal induk USS Nimitz di perairan Mediterania./*afp

JURNAL3 | Washington DC – Kapal perang AS di Mediterania tetap dalam posisi siap siaga untuk menyerang rezim Suriah jika diperintahkan oleh Presiden Barack Obama.

Dilansir AFP, Kamis (12/09/2013), saat Washington menunda kemungkinan aksi militer ke Suriah untuk mengejar solusi diplomatik, Sekretaris Angkatan Laut AS Ray Mabus menegaskan bahwa sejumlah kapal perang AS yang dilengkapi dengan rudal jelajah masih di tempatkan di Mediterania timur tanpa ada perintah untuk meninggalkan.

“Dua minggu lalu, ketika gambar baru mengerikan dari Suriah melintas di televisi dan streaming di iPads kami, Angkatan Laut AS dan tim Korps Marinir sudah siaga di sana, di Mediterania dan perairan Timur Tengah,” kata Mabus.

“Saya menjamin Anda bahwa jika kita dipanggil untuk menyerang, kita akan memukul keras dan kita akan menyerang dengan cepat,” kata Mabus.

Pernyataan Mabus itu diutarakannya sehari setelah Obama menyampaikan pidato televisi negara saat berdebat mengenai aksi serangan terbatas jika rezim Presiden Bashar Assad menolak untuk menyerah arsenal senjata kimianya.

“Seperti kata Presiden tadi malam, serangan itu akan menargetkan kemampuan rezim Assad,” kata Mabus.@afp